Menhub Minta Pilot Hingga Kenek Bus Juga Dapat Prioritas Vaksin

 Menhub Minta Pilot Hingga Kenek Bus Juga Dapat Prioritas Vaksin


JawaPos.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar para pekerja di bidang transportasi juga diberikan prioritas vaksinasi Covid-19. Sebab, para pekerja dibidang transportasi berinteraksi langsung secara dekat dengan banyak orang.

“Pramugari itu kan dekat sama kita. Baik pilot juga, supir bus, kenek, terus kondektur dan sebagainya itu kami minta. Supir taksi juga kita minta. Mereka memang harus dilakukan,” ujarnya rapat kerja dengan Komisi V, Senin (25/1).

Sehingga, pihaknya mengirim surat pada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar para pekerja di bidang transportasi umum itu bisa segera divaksinasi. “Saya sudah berkirim surat kepada Menteri Kesehatan untuk operator dari pada transportasi ini diberikan prioritas,” ungkapnya.

Selain itu, Budi juga menerapkan GeNose sebagai alat pendeteksi cepat di stasiun kereta api sebagai bentuk peningkatan protokol kesehatan. Alat GeNose dipilih karena memiliki harga yang paling terjangkau dibandingkan seluruh alat pendeteksi Covid-19 yang ada saat ini.

GeNose produk dalam negeri yang seharga Rp 20 ribu dianggap paling pas serta terjangkau untuk penumpang kereta dan bus. “Yang lain dari yang murah sampai yang Rp 1 juta. Nah memang kami laporkan kita akan lakukan bertahap, terutama kami utamakan kereta api,” tuturnya.

Kemenhub sendiri akan diberi kewenangan oleh Gugus Tugas COVID-19 untuk memberikan surat keterangan mengenai penggunaan GeNose di stasiun kereta api. Dia memastikan akan mengeluarkan surat itu sehingga pada 5 Februari 2021, alat GeNose sudah bisa dipergunakan di seluruh stasiun kereta.

sumber:https://www.jawapos.com/ekonomi/26/01/2021/menhub-minta-pilot-hingga-kenek-bus-juga-dapat-prioritas-vaksin/

Share:

Arsip Blog

Recent Posts